Sabtu, 25 Juli 2015

4. Masjid Agung Sheikh Zayed (Uni Emirat Arab)

Masjid Agung Sheikh Zayed adalah masjid yang berada di kota Abu Dhabi, ibukota Kerajaan Uni Emirat Arab. Masjid ini dinamai sesuai tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab.

Bangunan masjid ini terinspirasi dari arsitektural Mughal (India, Pakistan, Bangladesh) dan Mooris (Maroko). Dibangun dengan 82 kubah bergaya Maroko dan semuanya dihias dengan batu pualam putih.

Masjid yang memiliki luas 22.412 m2 ini dapat menampung 40.960 jemaah sekaligus, yang terdiri dari 7.126 jemaah di ruang utama, 1.960 di ruang sholat terbuka, 980 di ruang sholat wanita, 22.729 di area pelataran tengah, 682 di selasar ruang utama dan 784 jemaah di selasar pintu masuk utama.

Masjid Agung Sheikh Zayed memiliki lebih dari 1.000 pilar di area luar yang dilapis dengan lebih dari 20 ribu lembaran pualam dan batu alam polesan. Di sekeliling mesjid terdapat rangkaian kolam seluas 7.874 m2 yang dibangun menggunakan bahan keramik lantai warna gelap.

Rancangan impresif menghias sisi dalam masjid dengan menggunakan material pualam Italia dipadu dengan rancangan ukiran floral di ruang sholat utama serta dinding sisi luar yang dihias dengan mozaik kaca emas.

Pintu utama masjid ini dibuat dengan bahan kaca setinggi 12,2 meter dengan lebar 7 meter dan memiliki bobot mencapai 2.2 ton.

Kota Abu Dhabi di Uni Emirat Arab terkenal dengan bangunan yang berpadu dengan pesona gersang gurun pasir khas Jazirah Arab. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya Muslim, Abu Dhabi juga memiliki tempat-tempat ibadah memesona bergaya modern. Salah satunya adalah Masjid Agung Sheikh Zayed.

Masjid ini dinamakan seperti nama pendiri Uni Emirat Arab yakni Syeikh Zayed bin Sultan bin Khalifa Al Nahyan, yang dimakamkan disamping masjid ini.

Lebih dari 400.000 jamaah datang pertahunnya untuk melakukan wisata religi sekaligus melaksanakan ibadah sholat idul fitri dan Adha.

Masjid ini memiliki lampu gantung terbesar di dunia dan memiliki lembaran karpet dengan bentangan terluas di dunia. Masjid megah ini tidak hanya menjadi kebanggaan warga Abu Dhabi tapi juga telah menjadi bagian dari kekayaan arsitektural dunia Islam secara keseluruhan.

Mesjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, UEA
Mesjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi, UEA. Foto: iStock

Dilansir Daily Mail, karena keindahanya seorang fotografer asal Inggris bernama Julian Yohanes sangat tertarik dengan interior bangunan masjid terbesar di Timur Tengah ini. Julian mengadakan kunjungan ke masjid tersebut lalu ia mengabadikan kemegahan Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi menggunakan kameranya.

Ia menggunakan kamera Nikon D800 dengan lensa Nikon 24-70mm dan lensa Tamron 70-200mm. Telah lama melalang buana selama empat tahun di Uni Emirate Arab ia juga berencana mengadakan pameran foto yang epik.

Julian mengatakan bahwa masjid ini merupakan mahkota permata Uni Emirat Arab. Julian juga mengambil beberapa foto yang paling ikonik bagian eksterior masjid yang menampilkan mosaik marmer terbesar di dunia pada 180.000 kaki persegi.

Selama berada di Abu Dhabi ia banyak mengambil foto masjid agung karena menurutnya ada begitu banyak aspek keindahan mulai dari interior yang menakjubkan, seperti kubah, menara dan air mancur dengan pilar yang indah dengan bunga-bunga hias.

Untuk mendirikan bangunan semegah ini dibutuhkan waktu hampir 10 tahun  dengan lebih dari 30.000 pekerja yang mulai bekerja pada tahun 1996. Banyak hambatan dalam prosesnya namun akhirnya semua berjalan lancar dengan selesai setelah tahun 2007.

0 komentar:

Posting Komentar

TIKET PROMO MURAH PESAWAT,HOTEL,KA,KONSER,RENTAL MOBIL,DLL

FOLLOW US

DOMAIN DAN HOSTING MURAH

Hosting Unlimited Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

DAFTAR PPOB ECOMMERCE ONLINE

DAFTAR 24JAM BISNIS PPOB&ECOMMERCE

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

TIKET PROMO MURAH PESAWAT,HOTEL,KA,KONSER,RENTAL MOBIL,DLL

DOMAIN DAN HOSTING MURAH

Hosting Unlimited Indonesia

Entri Populer

Popular Posts

PENGUNJUNG KAMI

Total Tayangan Halaman